Inilah Soekarni Kartodiwirjo , Pahlawan Nasional dari Blitar yang wajib kamu tahu

Inilah Soekarni Kartodiwirjo , Pahlawan Nasional dari Blitar yang wajib kamu tahu
Rumah Pahlawan Nasional dari Blitar - Soekarni Kartodiwirjo


Putra Blitar - Memperingati hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 Nopember 2016 ini, perkenankanlah kami mengupas salah seorang Pahlawan Nasional dari Blitar yaitu Soekarni Kartodiwirjo yang memberikan andil luar biasa dalam Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Soekarni Kartodiwirjo mungkin sebagian dari kita masih belum familiar mendengar nama tersebut. Tapi tahukah sobat Putra Blitar semua? Bahwa Beliau adalah salah satu Pahlawan Nasional Pejuang Kemerdekaan Indonesia  berasal dari Blitar.

Untuk lebih mengenal Sosok Pahlawan Nasional dari Blitar ini, kami akan uraikan profil Beliau yang kami kutip dari berbagai sumber salah satunya adalah Wikipedia.

Nama               : Soekarni Kartodiwirjo
Lahir                : Blitar, 14 Juli 1916
Orang Tua       : Ayah bernama Kartodiwirjo
                          Ibu bernama Supiah
Agama             : Islam
Saudara           : 1. Hono
                          2. Sukarmilah
                          3. Soekardi
                          4. Soekarni
                          5. Suparti ( Ny. Suparto)
                          6. Endang Sarti ( Ny. Muslimin)
                          7. Endi Soekarto
                          8. Sukarjo
                          9. Tidak diketahui namanya (Meninggal sewaktu kecil)

Soekarni Kartodiwirjo sewaktu kecil terkenal suka berkelahi. Cerita yang paling mashur tatkala beliau ditantang oleh sekumpulan anak muda Belanda, dengan kemenangan Kelompok Soekarni.
Mengenal duni Pergerakan sejak muda, Soekarni berkembang menjadi salah seorang pemuda yang militant dan revolusioner. Sejak tahun 1934 Soekarni menjadi Ketua Pengurus Besar Indonesia Muda.  Pada masa pendudukan Jepang, Soekarni bertemu dengan Tokoh Tan Malaka dan mendirikan partai Murba dengan Soerkani menjadi Ketua Umumnya.

Peristiwa Rengadengklok
Momen bom atom yang dijatuhkan oleh Sekutu sehingga Jepang menyerah , dimanfaatkan oleh Soekarni sebagai perwakilan Pemuda membujuk Soekarno dan Hatta untuk segera Memproklamasikan Kemerdekaan Republik Indonesia. Karena terjadi penolkan, Maka tokoh pemuda menginisiasi untuk mengasingkan Soekarno –Hatta ke Rengasdengklok untuk meminimalkan pengaruh Jepang.
Setelah sepakat untuk Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, Soekarni bersama pemuda yang lain mengemban amanat menyebarkan berita Kemerdekaan Indonesia.

Jabatan dan Penghargaan yang diraih
Soekarni Kartodiwirjo menjabat sebagai ketua umum Partai Murba hingga beliau wafat. Menjadi Konstituante pada Pemilihan Umum pada tahun 1955. Sejak Tahun 1961 ditunjuk Presiden Soekano menjadi Duta Besar Negara Republik Rakyat Tiongkok. Menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Agung pada tahun 1967.  Mendapat Bintang Mahaputra kelas empat.

Baca Juga : 

Profil Bupati Blitar 2016


Alamat dan Rumah Soekarni Kartodiwirjo di Blitar
Apabila anda berkunjung ke Blitar, tidak salahnya untuk meluangkan waktu menelusuri sejarah Soekarni Kartodiwirjo. Berada di Kelurahan Sumberdiren Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Jejak peninggalan yang bisa kita temui adalah Rumah Beliau beserta perabotan dan catatan sejarah lainnya. Rumah asri yang memiliki halaman luas serta bangunan khas tempo dulu menjadi daya tarik tersendiri sambil mengingat sejarah berdirinya Bangsa Indonesia ini.

Rute menuju lokasi  rumah  pahlawan Nasional Soekarni Kartodiwirjo di Blitar yaitu berada tidak jauh dari poros jalan Propinsi Malang Blitar.

Dari arah Malang Menuju Kota Blitar, kita mengikuti rute Selorejo – Wlingi – Talun – Garum. Memasuki wilayah Garum kita berhenti di Kantor Pos Garum. Tepat berada didepan Kantor Pos Garum kita belok ke selatan masuk gapura bertuliskan Kelurahan Sumberdiren. Sekira  300 Meter  perjalanan tepat di Kanan jalan sampailah kita di rumah Pahlawan Soekarni Kartodiwirjo.

Dari Arah Kota Blitar menuju Kota Malang. Kita Mengikuti jalur utama Propinsi hingga memasuki wilayah Kelurahan Sumberdiren Kecamatan Garum Tepatnya di Kantor Pos Garum kita belok ke selatan masuk gapura bertuliskan Kelurahan Sumberdiren. Sekira  300 Meter  perjalanan tepat di Kanan jalan sampailah kita di rumah Pahlawan Soekarni Kartodiwirjo.

Semoga memberikan manfaat dan wawasan buat kita semua.
Apabila dirasakan manfaatnya mohon untuk Like, Share  Artikel ini.