Luar Biasa, Inilah Potensi Wisata dan Kuliner Blitar yang dikenalkan Pertinas V di Blitar

Putra Blitar

Putra Blitar - Kabupaten Blitar pada tahun 2016 menjadi tuan rumah penyelenggaran Perkemahan Bhakti Nasional (Pertinas) V Saka Bhakti Husada. Pembukaan secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur yang sekaligus sebagai Ketua Kwartir Daerah Jawa Timur Bapak Saifullah Yusuf. Bertempat di bumi Perkemahan Serut Kabupaten Blitar, Pembukaan ditandai dengan ditabuh suara kendang Jimbe, sebagai salah satu kerajinan khas Blitar.
Dalam sambutannya, Bupati Blitar Bapak Rijanto mengatakan dihadapan 2000 peserta Pertinas V Kabupaten Blitar dan Kota Blitar memiliki potensi yang luar biasa dalam hal wisata maupun kuliner. Sebagai contoh adalah Kabupaten Blitar, banyak potensi yang bisa ditingkatkan seperti Wisata Candi Penataran yang ada di Blitar utara. Juga terdapat pantai yang menawan di Blitar Selatan.  Disamping Kabupaten Blitar, Potensi Kota Blitar juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Misalnya Makam Proklamator Republik Indonesia juga sebagai Presiden pertama Ir. Soerkarno yang berada di Kelurahan Bendogerit Kota Blitar.
Potensi Kuliner juga menjadi andalan Kabupaten Blitar, seperti kue Geti, Jenang Ketan, dan yang lainnya seperti terdapat di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Lebih lanjut Bapak Bupati Rijanto mengajak kepada seluruh peserta yang hadir dari 34 Propinsi untuk berkunjung dalam kegiatan ke tempat wisata di Blitar dan juga potensi kuliner yang tersebar di Kota maupun Kabupaten Blitar.
Bupati Blitar juga mengajak bersama-sama peserta Pertinas V di Blitar untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada dan mencicipi kuliner. Dalam kesempatan yang lain, event Purnama Seruling Penataran juga menjadi salah satu wisata yang dikenalkan kepada peserta. Event yang berlangsung pada tanggal 17 Oktober 2016 tersebut juga menampilkan atraksi dari peserta Pertinas V.
Salah satu hal yang menarik dari perhelatan Pertinas V di Blitar adalah mascot yang berbentuk telur. Alasan pemilihan kenapa mascot yang dipilih berbentuk telur adalah karena Kabupaten  Blitar merupakan salah satu penghasil telur ayam terbesar nasional. Hal tersebut yang melatarbelakangi dipilihnya mascot untuk Pertinas V ini.
Ketua Kwartir Daerah Jawa Timur, Saifullah Yusuf dalam Pertinas V Saka Bhakti Husada mengatakan peserta Pramuka harus mampu menjadi generasi penerus bangsa yang sehat. Dalam Pramuka digembleng untuk menjadi agen kesehatan. Diharapkan terdapat generasi muda yang  mematuhi tata tertib sehingga menjadi generasi muda yang bebas dari Narkoba dan tidak terlibat segala tindak kriminalitas. 

0 Response to "Luar Biasa, Inilah Potensi Wisata dan Kuliner Blitar yang dikenalkan Pertinas V di Blitar"

Post a Comment