Lahar Dingin Gunung Kelud Menghanyutkan 5 Truk Pengangkut Pasir

Putra Blitar - Musim perghujan yang melanda ditahun 2016 ini memberikan warning bagi penambang pasir di aliran lahar Gunung Kelud. setidaknya seperti yang dapat kita saksikan di areal penambangan pasir di Lereng Gunung Gedang Karangrejo Garum Blitar. Aliran lahar dingin Gunung Kelud menerjang truk penambang pasir. setidaknya 5 truk pengangkut pasir terjebak di aliran sungai kali putih di Karangrejo Garum Blitar.

Kejadian yang berlangsung sore hari itu, menyebabkan beberapa truk pengangkut pasir yang melintas terjebak di areal sungai kaliputih. sungai yang merupakan jalur aliran lahar Gunung Kelud tersebut memang menjadi jujugan bagi penambang pasir. sehingga truk berlalu lalang datang mengangkut pasir.

Pasir Gunung Kelud sendiri saat ini menyuplai untuk daerah sekitar yaitu Tulungagung, Trenggalek, Kediri,Nganjuk dan Madiun. Dikarenakan stok dari daerah lain yang menipis disusul dengan ditutupnya penambangan pasir oleh instansi penegak hukum.

Semoga kejaidan iini tidak terulang lagi di kemudian hari. penataan dan pengelolaan tanggap bencana sangat dibutuhkan untuk meminimalkan resiko terhadap aliran lahar dingin tersebut. Semoga semua pihak bisa bekerjasama sama untuk meminimalkan bencana yang ada di Wilayah Blitar ini.